Home » » Tips Meraih untung dari investasi property

Tips Meraih untung dari investasi property

Written By Unknown on Tuesday, March 26, 2013 | 12:59 AM




Bicara mengenai tips meningkatkan harga jual properti, perkembangan ekonomi masyarakat dan kebutuhannya akan properti, akhirnya banyak orang yang memilih properti sebagai salah satu aset atau investasi jangka panjang. Sebagaimana hukum pasar, dimana permintaan tinggi maka akan terus di imbangi oleh kenaikan nilai. Melihat potensi properti yang cenderung menguntungkan, akhirnya sebagian masyarakat pun kemudian menjadikannya sebagai peluang bisnis. Pertumbuhan ekonomi yang saat ini berangsur-angsur kian membaik serta suku bunga yang rendah dianggap menjadi timing yang tepat bagi dunia properti Indonesia.

Guna mendapatkan properti yang baik tentu saja diperlukan informasi yang baik yang dapat menjadi referensi bagi pebisnis properti. Untuk dapat berinvestasi di bidang ini dibutuhkan beberapa poin penting yang mesti diperhatikan guna menghindari kesalahan ataupun sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Beberapa poin-poin tersebut antara lain:

1. Pilih lokasi yang baik untuk investasi.
Untuk menemukan properti terbaik untuk diinvestasikan memang terkadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Selain waktu, juga perlu adanya suatu jaringan yang bisa membantu menemukan properti anda inginkan, selain mencari sendiri. Cari informasi sedetail mungkin mengenai lokasi properti tersebut. Mulai dari aksesnya yang strategis. Hingga keunggulan fasilitas pendukung yang dimiliki properti itu.

Cara cepat mendapatkan informasi tersebut, dapat di akses lewat media internet. Banyaknya situs yang menawarkan properti menjadi pilihan tersendiri. Lewat internet juga, informasi mengenai broker properti di Indonesia serta developer sebagai pengembang dapat diketahui secara detail. Bantuan tersebut mampu memberi pencerahan untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya ketika ingin memulai berinvestasi di properti.

Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh lewat agen properti dan perbankan yang menawarkan harga, dan keungguan properti itu, ataupun sistem pembayarannya. Keduanya mampu memberikan pilihan properti terbaik yang diinginkan. Selain menjadi rekomendasi, membeli properti melalui jasa agensi adalah cara yang paling aman saat ini.

2. Tentukan harga yang tepat.
Setelah berhasil menemukan properti yang diinginkan, maka berikutnya yang perlu dilakukan adalah proses negosiasi. Hal ini dapat dilakukan jika penjualnya melalui perorangan. Tapi tidak menutup kemungkinan, harga yang diberikan pengembang pun juga dapat dinegosiasikan. Tawar menawar itu bisa berbentuk diskon dan sistem pembayaran, seperti jangka waktu yang disepakati. Dengan tujuan, dapat memberikan keringanan pembeli saat bertransaksi.

3. Pilih pembiayaan yang tepat
Setelah berhasil bernegosiasi kepada penjual properti, maka selanjutnya proses pembiayaannya. Sistem ini dapat dilakukan melalui perbankan yang menyesuaikan kemampuan finansial. Kemampuan mengumpulkan dana akan membuat investasi berkembang tidak hanya sebatas kemampuan dana sendiri. Dengan memanfaatkan dana orang lain, besarnya investasi akan semakin berkembang, sehingga ada factor leverage di sini. Dengan kecepatan mendanai properti tersebut, ada keuntungan dibalik itu. Jika berniat untuk dijual kembali, tentu akan mudah mendapatkan keuntungan dari bisnis properti ini.

4. Properti untuk disewakan atau di jual kembali
Lain halnya jika berkeinginan untuk menyewakan. Bagi yang ingin mengembangkan properti dengan cara menyewakan, maka butuh sentuhan berupa renovasi penambahan estetika ada dalam hunian tersebut. Gunanya untuk meningkatkan harga sewa. Nilai sewa pun akan menyesuaikan dengan apa yang telah dilakukan. Seperti contoh hunian yang telah direnovasi tentu akan memberikan nilai jual yang tinggi ketimbang hunian yang masih standar. Selain mendapatkan sewa properti setiap bulannya, nilai jual properti tersebut juga dengan sendirinya akan mengalami kenaikan. Tidak ada sejarahnya bahwa nilai jual properti ex pakai akan lebih murah dari harga beli pada waktu awal. Justru akan terus meninggi.

Umumnya para investor properti jeli mengamati perkembangan industri properti. Jika menemukan timing yang tepat untuk membeli ataupun menjual properti, mereka pasti akan melakukan survey terlebih dahulu. Nilai jual properti pun biasanya akan tumbuh seiring dengan perkembangan properti disekitarnya. Apalagi lokasi itu merupakan kawasan usaha yang dinamis serta diminati banyak orang. Pasti tak butuh waktu lama bagi properti tersebut untuk mengalami kenaikan harga. Properti adalah investasi yang punya prospek yang bagus apabila dilakukan dengan aman dan sesuai dengan prosedur.

Jangan ragu dengan investasi property anda !!!
Share this article :

+ comments + 1 comments

December 16, 2014 at 11:57 PM

makasih akang buat info dan tipsnya....kalo ada waktu mampir atuh ke lapak saya hehehe >> jual rumah

Post a Comment

 
Support : Blog Unik | Website PBA | Property bussiness academy
Copyright © 2011. Training Property - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger