Home » » Sepuluh Kota dengan Harga Tanah dan Properti Termahal di Dunia

Sepuluh Kota dengan Harga Tanah dan Properti Termahal di Dunia

Written By Unknown on Thursday, March 7, 2013 | 6:12 PM




Situs bisnis terkemuka, CNBC, pada hari ini (7/3) mengumumkan hasil survey mengenai kota-kota yang memiliki sektor properti termahal di dunia. Pada survey tersebut melibatkan lembaga konsultan properti terkemuka di Asia-Pasific yaitu Knight Frank yang telah melakukan survey ke 100 kota apa saja yang memiliki harga properti diatas lebih dari 30 juta dollar.

Untuk urutan pertama ditempati oleh Monaco yang memiliki rata-rata harga tanah mencapai 57600 - 63700 dollar per meter persegi. Reputasi sebagai kota para jutawan memang masing lengket dipegang oleh Monaco sehingga harga propertinya pun sangat mahal. Sepanjang tahun 2012 lalu harga tanah dan properti di Monaco mengalami kenaikan sebesar 2%. Urutan kedua ditempati oleh Hong Kong dengan harga tanah berkisar antara 49200 - 54400 dollar per meter persegi. Pada tahun lalu harga tanah dan properti di Hong Kong mengalami kenaikan sebesar 8,7%. Sebagai kota dengan sektor properti termahal di Asia, Hong Kong terus berkembang menjadi tujuan utama investasi. Namun menurut Knight Frank, potensi tersebut justru menimbulkan kekhawatiran terhadap peluang terjadinya buble akibat tingginya harga properti.

Peringkat ketiga ditempati oleh London dengan harga tanah mencapai 41900 - 46300 dollar per meter persegi. London memang salah satu tujuan investasi di sektor properti utama di kawasan Eropa. Namun seiring dengan kelesuan perekonomian yang melanda di kawasan tersebut, investor Eropa rupanya justru mengurangi intensitas investasi di London. Kini, sektor properti di London justru didominasi oleh investor asal Timur Tengah, Asia, Afrika dan Rusia. Selanjutnya diperingkat 4 ada Jenewa, Swiss dengan harga tanah mencapai kisaran 29300 - 32400 dollar per meter persegi. Tingginya harga tanah di Jenewa tidak terlepas dari cukup besarnya pajak properti yang diberlakukan oleh pemerintah.

Posisi ke 5 ditempati oleh Paris dengan harga tanah mencapai kisaran 25300 - 28000 dollar per meter persegi. Sama seperti London, sektor properti di Paris juga terkena dampak langsung dari imbas perlambatan ekonomi di kawasan Eropa. Bahkan pada tahun lalu harga properti di Paris mengalami penurunan sebesar 4%. Selanjutnya ada Singapura di posisi 6 dengan harga tanah sekitar 25200 - 27800 dollar per meter persegi. Sepanjang tahun lalu harga properti di Singapura tercatat mengalami kenaikan sebesar 0,6%. Namun untuk tahun ini, banyak pengamat memprediksi bahwa harga properti di Singapura akan mengalami kenaikan seiring dengan rencana pemerintah yang akan meningkatkan pajak dan DP minimal.

Di posisi 7 ada Moskow dengan harga tanah mencapai 22000 - 24300 dollar per meter persegi. Meski tahun lalu mengalami penurunan harga hingga 2,3%, sektor properti di Rusia terbilang cukup menjanjikan. Cukup kebalnya ekonomi Rusia dari tekanan imbas krisis finansial Eropa memberikan keuntungan terutama bagi investor lokal. New York menduduki posisi 8 dengan harga tanah mencapai 21800 - 24100 dollar per meter persegi. Sektor properti di New York terbilang merupakan sektor "safe haven". Tingginya prospek bisnis di kota dengan kepadatan tertinggi dan majunya sektor bisnis menjadikan properti di New York menjadi idaman bagi para investor.

Posisi 9 ada Sydney dengan harga tanah berkisar antara 21700 - 24000 dollar per meter persegi. Menurut Knight Frank, keuntungan yang dimiliki oleh sektor properti Sydney ialah letaknya yang strategis dan lengkapnya sarana dan prasarana sektor publik yang dimiliki oleh kota tersebut dibandingkan dengan kota-kota lain di Australia. Dan yang terakhir di peringkat 10 ada Shanghai dengan harga tanah mencapai 19600 - 21700 dollar per meter persegi. Pertumbuhan sektor properti di Shanghai terbilang masif dengan kenaikan harga 10,8% yang terjadi pada tahun lalu menandakan bahwa prospek bisnis properti di kota tersebut sangat menggiurkan.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Blog Unik | Website PBA | Property bussiness academy
Copyright © 2011. Training Property - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger