Home » » Kemenpera Tingkatkan Program Pengembangan Kawasan

Kemenpera Tingkatkan Program Pengembangan Kawasan

Written By Unknown on Monday, March 4, 2013 | 12:03 AM



Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan terus meningkatkan koordinasi teknis dalam melaksanakan program pengembangan kawasan yang dilakukan di sejumlah berbagai daerah di Tanah Air.

"Meningkatnya kekurangan pasokan rumah ('backlog') menjadi 13,6 juta unit menunjukkan bahwa koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah perlu lebih diintensifkan," kata Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera Hazaddin TS dalam rilis Humas Kemenpera yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Hazaddin, selain menghadapi kondisi rumah yang tidak layak huni masyarakat juga harus menghadapi masih rendahnya tingkat aksesbilitas terhadap prasarana, sarana dan utilitas (PSU) umum seperti ketersediaan jalan, drainase dan air bersih, listrik dan air limbah.

Untuk itu, ujar dia, Kemenpera juga akan terus meningkatkan koordinasi teknis terkait program pengembangan kawasan agar program tersebut khususnya kota-kota baru di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

Ia mengingatkan, dari seluruh rumah tangga yang ada di Indonesia, sebanyak 21,1 persen rumah tangga di Indonesia belum dapat mengakses air bersih.

Selain itu, lanjutnya, 8,54 persen rumah tangga belum mendapatkan sambungan listrik dan 22,85 persen rumah tangga tidak memiliki akses terhadap jamban.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kemenpera sesuai tugas pokok dan fungsinya akan terus membantu dan memfasilitasi masyarakat untuk menghuni rumah yang layak huni dan terjangkau dalam suatu kawasan yang dilengkapi dengan PSU yang memadai.

Ia juga mengatakan, adanya program pengembangan kawasan khususnya kota baru di Indonesia yang menjadi salah satu program pemerintah pusat yang perlu mendapat dukungan dari pemda mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/ kota.

Analis Vibiz research dari Vibiz consulting berpendapat program pengembangan kawasan dari Kemenpera ini berdampak sangat positif sekali dan mensukseskan program pembangunan kota baru di sejumlah kota besar di Indonesia. Diharapkan semua pemerintah provinsi dapat berperan aktif dalam pembangunan kota-kota baru.

oleh karena itu, Training Property sangatlah penting untuk pengembangan property di negeri ini.

Sumber : http://www.vibiznews.com/2013-03-01/kemenpera-tingkatkan-program-pengembangan-kawasan
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Blog Unik | Website PBA | Property bussiness academy
Copyright © 2011. Training Property - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger