Home » » DPP REI Resmikan 100 Ribu Unit Rumah Sejahtera Tapak

DPP REI Resmikan 100 Ribu Unit Rumah Sejahtera Tapak

Written By Unknown on Tuesday, March 12, 2013 | 7:13 PM



Ketua panitia pelaksana peresmian 100 ribu unit RST DPP REI, Bally Saputra mengatakan, untuk kali ini peresmian proyek yang dilakukan Rabu, 13 Maret 2013 akan dipusatkan di Perumahan Nuansa Griya Arosuka yang dibangun PT Guna Griya Abadi, berlokasi di Arosuka, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Menurutnya, pemilihan lokasi di Sumatera Barat bertujuan memacu hasrat kalangan pengembang untuk membangun proyek sejenis di luar Pulau Jawa. "Hal ini disebabkan kebutuhan perumahan di luar Jawa juga terbilang lumayan besar," katanya, Selasa (12/03/2013).

Peresmian proyek 100 ribu RST ini akan dilakukan oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman. Dia meminta kepada para kepala daerah di seluruh Indonesia untuk melakukan percepatan pengembangan perumahan bekerja sama dengan anggota REI dan instansi lainnya yang juga berkewajiban menyediakan perumahan untuk masyarakat. Pemerintah, baik pusat maupun daerah juga harus memiliki komitmen dan kesungguhan untuk terus membangun perumahan rakyat, utamanya untuk golongan menengah ke bawah.

"Gubernur, Bupati dan Walikota yang bagus adalah yang bisa menjadi contoh dalam upaya memfasilitasi dan memberikan kemudahan agar pembangunan perumahan rakyat berjalan dengan baik di daerahnya masing-masing berupa infrastruktur, kemudahan perizinan dan bantuan lain. PP Nomor 38 Tahun 2007 wajib hukumnya bagi Pemerintah Daerah untuk juga melakukan pembangunan perumahan rakyat, terutama untuk golongan menengah ke bawah," tutur Irman.

Ketua Umum DPP REI, Setyo Maharso, menyebutkan, 70 persen dari sekitar 2.500 anggota REI adalah pengembang yang berhasil membangun RST bagi MBR di seluruh Indonesia.

"Sebagian besar RST yang dibangun pengembang adalah kontribusi dari pengembang anggota REI. Sejak masa kabinet Indonesia bersatu secara rutin REI melakukan kegiatan peresmian RST yang ke 100 ribu unit. Ini adalah peresmian 100 ribu unit RST yang ke-4 oleh REI, setelah di Semarang (2007), Jonggol, Jawa Barat (2008) dan Lamongan, Jawa Timur (2010)," ucap Setyo.

Sesuai rencana, peresmian 100 ribu unit RST yang didukung seribu lebih pengembang ini akan dihadiri oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat, Kepala Badan Pertanahan Nasional Hendarman Supandji, serta Menteri Perumahan Rakyat era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) I Muhammad Yusuf Asy'ari dan Menpera era KIB II (2009-2011) Suharso Monoarfa. Turut hadir pula Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Gatot M Suwondo, dan didukung sepenuhnya oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Analis vibiz research dari vibiz consulting berpendapat, program 100 ribu RST ini diharapkan dapat benar-benar berlangsung di luar Pulau Jawa juga berhubung kebutuhan sektor papan ini sangat dibutuhkan banyak orang. Momen ini seharusnya juga menjadi titik pencerahan bagi para pengembang untuk semakin terpacu hasratnya dalam menggalakkan program sejenis lebih banyak lagi.

Sependapat dengan Irman Gusman bahwa kegiatan semacam ini patut mendapat dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah baik pusat maupun daerah harus memiliki komitmen dan kesungguhan untuk terus membangun perumahan rakyat, utamanya untuk golongan ekonomi menengah ke bawah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Blog Unik | Website PBA | Property bussiness academy
Copyright © 2011. Training Property - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger