Home » » Mahalnya Biasa bulanan di Apartemen

Mahalnya Biasa bulanan di Apartemen

Written By satya vibiz on Tuesday, June 11, 2013 | 11:40 PM


 Kejahatan bisa terjadi di mana saja. Tidak saja di rumah tapak, juga di hunian vertikal seperti apartemen. Baru-baru ini terjadi dua kejahatan dengan modus serupa; jual/beli atau sewa apartemen di Cassablanca Mansion dan Lavande Apartment, Jakarta Selatan. Padahal, dengan biaya servis yang dibayarkan tiap bulan oleh penghuni apartemen, mestinya rasa aman dan nyaman bukan hal yang sulit didapatkan.

Menurut Property Management and Engineering Manager Knight Frank, Lioni Sugiarto, komponen biaya servis (service charge) mencakup perawatan dan pengelolaan gedung apartemen. Termasuk masalah keamanan dan kenyamanan.

Saat ini, besaran biaya servis rata-rata untuk apartemen menengah bawah berada pada angka Rp 10.000 per meter persegi per bulan. Sementara untuk apartemen menengah atas antara Rp 13.000-Rp 15.000 per meter persegi per bulan.  Angka lebih tinggi dikenakan pada apartemen servis yakni sekitar Rp 25.000-Rp 50.000 per meter persegi per bulan.

Mari kita hitung, jika penghuni memiliki unit seluas 38 meter persegi, maka biaya servis yang harus dibayarkan senilai Rp 380.000 per bulan untuk apartemen menengah bawah, Rp 532.000 per bulan untuk menengah ke atas dan Rp 1,425 juta untuk apartemen servis.

"Besaran service charge tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah. Harusnya disesuaikan dengan fasilitas dan kualitas pelayanan yang memadai dan memuaskan. Semakin lengkap dan mewah fasilitas pada suatu apartemen, semakin besar biaya operasional yang dikeluarkan, dan semakin besar pula biaya service charge yang dibayarkan penghuni," ujar Lioni kepada Kompas.com, Selasa (11/6/2013).

Selain biaya servis, biaya lain yang harus dibayar penghuni adalah sinking fund. Pada apartemen sewa, sinking fund ini disebut provisional sum. Kegunaannya ialah mempersiapkan dana sejak awal yang harus disediakan untuk penggantian atau perawatan komponen-komponen suatu gedung, sehingga bila terjadi kerusakan-kerusakan pada peralatan yang memerlukan perbaikan atau penggantian, dananya telah tersedia. Besarnya sinking fund ini adalah sepuluh (10) persen dari biaya servis.

"Jadi, dengan berbagai macam pengeluaran yang harus dibayarkan penghuni tersebut, semestinya pengelola apartemen dapat melakukan tugasnya dengan baik dan profesional. Sehingga apa yang dibayarkan penghuni sepadan yang mereka terima, termasuk keamanan dan kenyamanan," tandas Lioni.

jika ingin menjadi expert property, silahkan ikuti pelatihan di http://propertybusinessacademy.com/
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Blog Unik | Website PBA | Property bussiness academy
Copyright © 2011. Training Property - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger