Home » » Harga Apartemen Mewah Melonjak Karena Permintaan Tinggi

Harga Apartemen Mewah Melonjak Karena Permintaan Tinggi

Written By Unknown on Monday, May 20, 2013 | 8:05 PM




Lonjakan harga apartemen mewah di Jakarta terjadi karena adanya permintaan yang solid dari kalangan warga mampu di Indonesia yang membeli secara tunai, disampaikan oleh Anton Sitorus, Kepala Riset Jones Lang LaSalle Indonesia.

Hasil riset konsultan properti internasional Jones Lang Lasalle mengatakan, kenaikan harga pada pasar apartemen mewah sebesar 8,7 persen pada kuartal pertama tahun 2013 dibanding kuartal keempat tahun 2012, atau peningkatan 32,9 persen y-o-y.

Indonesia terus melampaui semua pasar yang terpantau . Angka peningkatan tersebut jauh di atas rata-rata dari tingkat kenaikan di sejumlah kota di Asia yang rata-rata hanya mencapai 2,2 persen antarkuartal atau 6,1 persen y-o-y, kata Anton.

Permintaan yang kuat itu, ujar dia, juga didorong dengan sejumlah faktor lain yang merupakan dampak dari semakin kurangnya lahan dan properti di area premium.

Tahun ini juga mengalami perlambatan setelah dalam beberapa tahun terakhir mengalami lonjakan harga dalam sektor perumahan, khusus di segmen menengah atas. Pasar mulai bergeser ke pasar menengah dengan tangkapan jumlah pasar pengguna akhir ("end user") yang lebih banyak. Peningkatan pasar properti yang tinggi memang berdampak terhadap kenaikan tanah yang disediakan untuk pasar menengah sampai bawah.

Pemerintah seharusnya segera menyiapkan mekanisme bank tanah untuk menyiapkan mekanisme bank tanah untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah. Peningkatan pasar properti yang tinggi memang berdampak terhadap kenaikan tanah yang disediakan untuk pasar menengah sampai bawah. Pemerintah seharusnya segera menyiapkan mekanisme bank tanah untuk menyiapkan mekanisme bank tanah untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah).
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Blog Unik | Website PBA | Property bussiness academy
Copyright © 2011. Training Property - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger